Tidak ada pengumuman.

Jumlah Pengunjung :
8,407,355
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Helpdesk Perbendaharaan
ppakp, standar, standar akuntansi, standar akuntansi pemerintahan
Kategori: Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
Mohon dijelaskan,  untuk perjalanan dinas dalam kota / kurang dari 5 kilometer dari batas kota. apakah bisa diberikan bantuan biaya transport dalam kota dan Uang harian. jika bisa diberikan uang harian berapa besarnya uang harian tersebut?

Sesuai dengan PMK No.45/PMK.05/2007 sebagaimana telah diubah terakhir dengan PMK No.7/PMK.05/2008 tentang Perjalanan Dinas Jabatan Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap untuk perjalanan dinas dalam kota atau kurang dari 5 kilometer dari batas kota tidak diberikan uang harian karena uang harian merupakan komponen perjalanan dinas sebagaimana dimaksud dalam PMK tersebut. Perjalanan dinas dalam kota / kurang dari 5 kilometer dari batas kota dapat diberikan uang transport dalam kota yang besarnya maksimal sesuai dengan ketentuan yang mengatur mengenai hal tersebut.

Mengapa pada Aplikasi Vera 2011 (versi 19 Jan) pada Menu Laporan tidak ada lagi LAPORAN SAKUN ?? Menurut hemat kami, Laporan itu sangat diperlukan. Salah satunya  untuk keperluan REKON INTERNAL. Usul : agar supaya tetap ada. Terima kasih.  

Terima kasih, akan dipertimbangkan

Assalamualaikum. Pak, Kalau Kita Belanja PErsediaan Untuk Kegiatan Sosialisasi dan langsung habis dipakai untuk kegiatan itu apakah dicatat dalam Aplikasi Persediaan. Pencatatanya apakah cukup dicatat in-out?

Akuntansi  Persediaan untuk barang persediaan yang digunakan dalam sosialisasi dan langsung habis dipakai tetap menggunakan prosedur yang telah ditentukan, jadi tetap dicatat pada persediaan masuk dan keluarnya.

Bila Satker mengajukan Tambahan Uang Persediaan, apakah Uang persediaan yang telah ada pada satker merupakan komponen pembiayaan dari kegiatan yang dimintakan TUP nya (UP TUP dipertanggungjawabkan secara bersamaan atau boleh terpisah?}

Uang Persediaan (UP) bukan merupakan komponen pembiayaan atas kegiatan yang dimintakan Tambahan Uang Persediaan (TUP). UP dan TUP dipertanggungjawabkan secara terpisah sesuai dengan Peraturan Dirjen Perbendaharaan No.PER-66/PB/2005 bahwa UP  merupakan uang muka kerja dengan jumlah tertentu yanng bersifat daur ulang (revolving)  sedangkan TUP adalah uang yang diberikan kepada satker untuk kebutuhan yang sangat mendesak dalam satu bulan melebihi pagu UP yang ditetapkan dan digunakan paling lama satu bulan sejak tanggal SP2D diterbitkan.

bagai mana cara merevisi akun 521115 dimana pagunya tidak sesuai SBU, jadi kami ingin menambah pagu pada MAK 521115. apakah bisa kami menggeser pagu dari MAK lainnya, dan bagaimana caranya?

Sesuai PMK No. 69/PMK.2010 dan draft PMK Revisi TA 2011 tdk diperkenankan untuk penambahan honorarium baru dan besaran honorarium yang sudah ada.

pergeseran tersebut dimungkin apabila tidak berakibat  mengubah sasaran kerja, & tidak mengurangi volume & satuan output yang digeser.

Revisi dapat dilaksanakan setelah mendapat persetujuan dari Ditjen Anggaran.

satker kami ingin revisi dipa 2011 tetapi aplikasi DIPA yang terakhir belum bisa membuat histrory dan cetak revisi dipa.maka dari itu tolong secepatnya diperbaiki aplikasi dipa 2011.. terima kasih

Update Aplikasi DIPA sudah bisa diunduh di www.anggaran.depkeu.go.id

Ass.. saya pernah baca peraturan perbendaharaan yg mengatakan bahwa uang dalam rekening tidak boleh mengendap selama 5 hari lebih. mau tanya mas, bisa dikirim peraturannya atau link unduhannya ada g? tks...

Terkait pengelolaan rekening bendahara pengeluaran satker, tidak ada ketentuan yang mengatur bahwa uang dalam rekening tidak boleh mengendap selama 5 hari atau lebih.

Mengapa dana jamkesmas dijurnal sebagai kas di bendahara pengeluaran pada hutang pada pihak ketiga? Karena di rumah sakit pengelola dana jamkesmas adalah bendahara penerima.  

Pengelola dana jamkesmas pada satker BLU dimungkinkan pada bendahara pengeluaran atau bendahara penerimaan, sesuai dengan kebijakan KPA . Apabila pada akhir tahun anggaran ternyata masih ada dana tersebut di rekening bendahara, maka harus dibuat jurnal aset /neraca dengan menjurnal Dana Yang Dibatasi Penggunaanya (Debet) dan Diinvestasikan dalam Aset Lainnya (Kredit).












Mohon Maaf. Saya cuma ingin menanyakan bagaimana bentuk buku bendahara (pembukuan 2011) yang sebenar2nya? mohon penjelasan berikut penutupan kasnya. terima kasih.

1.Dalam rangka memudahkan pelaksanaan dan keseragaman pembukuan, telah ditetapkan bentuk/model-model buku bendahara sebagaimana tercantum pada Lampiran Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-47/PB/2009 tentang  Petunjuk Pelaksanaan Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Kementerian Negara/Lembaga/Kantor/Satuan Kerja. Pembukuan bendahara terdiri dari Buku Kas Umum, Buku Pembantu (BP Kas,  BP UP/TUP, BP LS-Bendahara, BP Pajak,  BP Lain-lain), dan Buku Pengawasan Anggaran.
2.Pemeriksaan kas bendahara dilakukan oleh KPA sekurang-kurangnya satu kali dalam satu bulan dan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan Kas dengan format sebagaimana tercantum pada Lampiran Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-47/PB/2009. Dan Penutupan pembukuan bendahara wajib dilakukan pada akhir tahun anggaran dan sisa kas yang ada pada bendahara disetor seluruhnya ke Kas Negara.

Untuk kontrak pengadaan barang, sp2d tidak sempat dicairkan oleh pihak rekanan hingga batas akhir pencairan tahun kemarin. Adakah solusi untuk permasalahan ini?

KPA bersangkutan dapat mengalokasikan sejumlah tagihan yang belum dibayarkan dimaksud pada tahun anggaran berjalan dengan mekanisme revisi DIPA (realokasi atau penambahan pagu)  berpedoman pada PMK mengenai revisi DIPA TA 2011.

Pada Aplikasi SPM2011 tidak ada lagi fasilitas edit Pagu, bagaimanana caranya untuk merevisi POK di SPM2011? Thanx

Edit Pagu masih ada di Aplikasi SPM 2011.

Bagaimana ganti uang tiket untuk perjalanan dinas misalkan dari Balikpapan ke Jakarta selam tiga hari. apabila setelah dari jakarta tidak langsung pulang ke balikpapan. tapi ke yogyakarta. untuk penggantian tiketnya seperti apa ? Apakah bisa pergantian tiket Balikpapan - Jakarta di kalikan 2

Sesuai dengan Pasal 4 Peraturan Dirjen Perbendaharaan No.21/PB/2008, antara lain di atur bahwa Biaya transpor pegawai merupakan biaya yang diperlukan untuk perjalanan dari termpat kedudukan ke terminal bus/stasiun/bandara/
pelabuhan keberangkatan sarnpai ternpat tujuan pergi pulang. Berdasarkan ketentuan tersebut, maka penggantian uang tiket hanya dapat dibayarkan untuk tiket Balikpapan-Jakarta PP.

Please, contoh format laporan PNBP. Thank..

Ketentuan mengenai laporan realisasi PNBP diatur dalam PP No.1 tahun 2004. Format laporan realisasi PNBP disediakan dalam aplikasi yang dikembangkan oleh Ditjen Anggaran dan dapat di akses melalui http://www.anggaran.depkeu.go.id/

Saya bendarara Pengeluaran Satker Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Wajo Kode Satker 018. 03. 190304, Kapan Pelatihan PPAKP di makassar dilaksanakan untuk tahun 2011 dan bagaimana cara mendaftar

Sampai dengan saat ini, Program Diklat PPAKP Tahun 2011 belum dapat kami pastikan kapan akan bisa diselenggarakan. Apabila sudah dapat dipastikan, kami akan memberitahukan lebih lanjut tata cara dan persyaratan program ini secara resmi kepada setiap Kementerian Negara/Lembaga dan kami tayangkan pada website resmi Direktorat Jenderal Perbendaharaan www.perbendaharaan.go.id

MA untuk pengembalian Hibah pakai MA berapa? Dan formulirnya apa? Mohon petunjuknya.

Sebelumnya perlu dijelaskan latar belakang terjadinya pengembalian pendapatan hibah, karena mekanisme pengembalian pendapatan hibah belum diatur secara detil. Ketiadaan pengaturan terutama terkait apakah hibah yang diterima langsung oleh KL jika terjadi ineligible serta merta akan dibayar oleh BUN, dan tidak pertanggungjawaban dari KL atau akan dibebankan ke anggaran KL yang bersangkutan. Begitu juga dengan hibah yang diterima secara on budget on treasury. Namun sampai sekarang kode akun yang digunakan untuk menampung hibah yang dikembalikan karena terjadi ineligible adalah 581143 (Belanja Pengembalian Pendapatan Hibah Karena Ineligible)

Termasuk pada akun apakah transport lokal dan Paket Fullboard ? Terima kasih.

Penyelenggaran kegiatan secara paketan, pembebanan atas pengeluarannya dapat menggunakan kode akun 521219 (Belanja Barang Operasional Lainnya) dengan alasan untuk memudahkan pada saat perencanaan dan pelaksanaan anggaran.

mohon maaf sebelumnya,saya mau tanya tentang aplikasi spm, bagaimana caranya memindahkan / transfer daftar lamiran dari SPM 2010 ke SPM 2011. trims sebelumnya.

Aplikasi SPM 2011 tidak bisa memindahkan daftar lampiran dari SPM 2010. Harus direkam manual atau Import menggunakan file Text (Tab Delimited).

satker kami dibawah mahkmah agung untuk tahun 2011 ini menerima 2 buha DIPA. 1. DIPA berasal dari BUA MARI dan satu lagi dari Dirjend MARI, yang kami tanyakan apakah dalam pengajuan UP kami harus 2 kali UP untuk masing masing DIPA, ataukah kami cukup hanya memepergunakan 1 kai UP saja. atas jawabannya kami ucapkan terima kasih.

Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan No.S-1776/PB/2011 tanggal 10 Februari 2011 antara lain di atur bahwa bagi satker yang mengelola lebih dari satu DIPA dapat mengajukan permohonan pembukaan rekening bendahara pengeluaran untuk masing-masing DIPA yang dikelola oleh masing-masing bendahara pengeluaran DIPA berkenaan. Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, Satker dapat mengajukan UP untuk masing-masing DIPA.

Untuk tahun anggaran 2011 Satuan Kerja yang berada di vertikal (kantor daerah) di lingkungan Mahkamah Agung RI mempunyai DIPA lebih dari satu dalam hal ini terdapat dua dipa yang berdasarkan unit organisasi seperti halnya di Satuan Kerja Pengadilan Tinggi Agama Bandung terdapat dua Dipa dengan unit Organisasi Badan Urusan Administrasi dan Badan Peradilan Agama. untuk itu kami mohon petunjuk mengenai pelaksanaan anggaran dan pelaporannya apakah masing-masing DIPA harus dipisah atau disatukan.

Untuk satker dengan 2 DIPA yang berbeda eselon 1, pelaporannya tidak bisa digabung, laporan dicetak melalui aplikasi seperti biasa (aplikasi SAK dan SIMAK BMN sudah mengakomodir) dan dikirim ke masing-masing eselon 1.

untuk pengembalian belanja TA yang lalu, pada SSPB menggunakan akun brp? dan unuk kode keg.sub kegiatan-nya ap perlu dicantumkan atau ksong saja? terima kasih atas jawabannya

Pendapatan penerimaan kembali belanja tahun anggaran yang lalu dibedakan berdasarkan jenis belanjanya di digit kode akun terakhir yaitu 42391X
Untuk Pengembalian Belanja maka Kode kegiatan dan subkegiatan dapat dilihat berdasarkan SPM/SP2D pada saat pencairan sebelumnya.

««« | « Previous | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | Next » | »»»
Serambi | Cari   
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia