Tidak ada pengumuman.

Jumlah Pengunjung :
8,420,839
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Helpdesk Perbendaharaan
ppakp, standar, standar akuntansi, standar akuntansi pemerintahan
Kategori: Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
Mohon pemberitahuan hasil Diklat PPAKP Gel I TA. 2010

Keputusan dari Hasil PPAKP tahun 2010 untuk semuan Angkatan akan dipublikasikan melalui Website www.perbendaharaan.go.id dan saat ini masih dalam proses pencetakan sertifikat.

aplikasi SPM 2011 saya tidak dapat menyimpan data kontrak. ada peringatan mengenai connectifity mySql. bagaimana solusinya ?

Coba gunakan update SPM yang terakhir.

aplikasi SPM 2011 saya tidak dapat menyimpan data kontrak. ada peringatan mengenai connectifity mySql. bagaimana solusinya ?

Coba gunakan update SPM yang terakhir.

aplikasi SPM 2011 saya tidak dapat menyimpan data kontrak. ada peringatan mengenai connectifity mySql. bagaimana solusinya ?

Coba gunakan update SPM yang terakhir.

Pembuatan Lemari yang melekat pada dinding Gedung Kantor menggunakan mata anggaran apa ?. jika sebelumnya lemari sudah ada, tetapi dalam kondisi rusak berat, sementara dalam aset BMN tidak pernah tercatat, maka mata anggaran apa yang sebaiknya digunakan ? terima kasih atas jawabannya..

Lemari yang melekat pada dinding Gedung Kantor  dilihat pada saat perolehan awalnya apakah merupakan bagian pada saat pembangunan gedung kantor. Apabila lemari dimaksud merupakan bagian dari Gedung Kantor tersebut, bukan sebagai Lemari yang berdiri sendiri maka dicatat sebagai asset tetap – gedung kantor . Jika sebelumnya lemari (bagian gedung kantor)sudah ada tetapi dalam kondisi rusak berat kemudian direncanakan ada pengeluaran yang dimaksudkan untuk mempertahankan asset tetap yang sudah ada (dalam hal ini gedung kantor) ke dalam kondisi normal maka pengeluaran tersebut dicatat dan disajikan sebagai Belanja Pemeliharaan – Gedung Kantor, karena pengeluaran tersebut tidak memenuhi persyaratan kapitalisasi asset tetap yaitu tidak mengakibatkan bertambahnya umur, manfaat atau kapasitas.






















BAGAIMANA SAYA BISA MENGIKUTI E LEARNING PPAKP SECARA LANGSUNG DIJAKARTA?

Silahkan anda kunjungi web Badan Pendidikan da Pelatihan Keuangan (bppk.depkeu.go.id)

DI POK TERDAPAT HONOR YANG TIDAK SESUAI DENGAN SBU 2011,DENGAN MAK 521115,BAGAIMANA APAKAH DIREVISI KE MAK YANG LAIN DALAM SATU KEGIATAN?KARENA ADA VOLUME DARI YANG LEBIH DARI SATU KEGIATAN

Kegiatan yg dialokasikan dari dana tsb peruntukannya utk apa? Kalau honorarium Pengelola Keuangan sudah benar pada akun 521115. Akun ini ada pada komponen 002 (Biaya Operasional). Bila akun direvisi menjadi honorarium Tim Kegiatan akun 521213, tdk dpt dilakukan oleh KPA (psl.44 ayat 1 huruf e, PMK Nomor 49/PMK.02/2011 tanggal 17 Maret 2011)

apakah pengadaan kendaraan dinas roda 4 bisa dilakukan dengan proses penunjukan langsung, atau melalui pelelangan

Pengadaan barang dengan proses penunjukan langsung hanya dapat dilakukan terhadap pengadaan barang dalam keadaan tertentu (sesuai kriteria dalam Pasal 38 ayat (4) dan ayat (5) Perpres 54 Tahun 2010).  Apabila pengadaan kendaraan dinas roda 4 tersebut memenuhi kriteria dalam Pasal 38 ayat (5) huruf e maka dapat dilaksanakan dengan penunjukan langsung. Akan tetapi jika tidak maka harus melalui mekanisme pelelangan umum dengan pascakualifikasi sesuai Pasal 36 Perpres 54 Tahun 2010

Ass.wr.wb saya menggunakan aplikasi simak bmn versi 2009 update juli 2010, dan juga memakai sakpa nersi 2011 yang jadi pertanyaan saya bagaimana cara mengirim saldo awal ke aplikasi sakpa 2011, karena pada menu simak hanya bisa untuk tahun 2009, atau bagaimana cara menerima saldo awal pada aplikasi sakpa 2011, terima kasih dan mohon pencerahan.

Untuk pengiriman saldo awal aset dari Aplikasi SIMAK-BMN versi 2009 ke Aplikasi SAKPA 2011 memang tidak bisa dilakukan. Alternatifnya, migrasi dulu data aset dari Aplikasi SIMAK-BMN versi 2009 ke versi Aplikasi SIMAK-BMN 2010 dengan menggunakan Aplikasi Migrasi, setelah itu baru lakukan proses pengiriman saldo awal ke SAKPA 2011. Sampai saat ini aplikasi SIMAK-BMN versi 2010 masih menunggu untuk di-launching secara resmi oleh Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Ass,, kami telah melakukan penginstalan SAKPA 2011, kemudian kami log in pada tahun anggaran 2010 dan menglami kesulitan dalam hal \\\"proses pengambilan saldo awal dari sakpa 2010 ketika kami lakukan proses dan berhasil, tetapi di neraca nilai aset tetap tidak sama dengan nilai akhir sakpa 2010 malah aset tetapnya mengacu kepada nilai akhir saldo awal 2009 atau atau januari 2010 sedangkan yang kami butuhkan adalah nilai akhir sakpa bualn desember 2010\\\" yang jadi pertanyaan kami 1. kemana nilai transaksi bulan januari sampai dengan desember 2010 2. mengapa tidak terudate semua data yang ada pada sakpa 2010 kedalam sakpa 2011 ketika log in ta 2010 dalam proses pengambilan saldo awal mohon berikan tutorialnya kepada alamat email kami mtsnparung@gmail.com wassalamu\\\'alaikum wr wb

Petunjuk/tutorialnya dapat diunduh dari website www.perbendaharaan.go.id

Pagi,  Saya mau nanya mengenai basis akrual. Utk tahun 2011 penyusunan laporan keuangan sudah memasukkan informsi akrual. Yang sy tnyakan apakan tiap bulan kita melakukan jurnal penyesuaian di sakpa utk akun-akun yg akrual ? Mohon penjelasannya. Trims

Sesuai perdirjen 62 tahun 2009 dikatakan bahwa Jurnal penyesuaian untuk akun-akun yang akrual  dilakukan pada akhir tahun anggaran pada saat penyusunan laporan keuangan tahunan.




Ass. Wr. Wb 1. tolong dong dijelasin dan didukung dgn dasar hukumnya bahwa brankas bendahara pengeluaran pada suatu satker harus dipasang secara permanen (dicor) dalam satu ruangan dimana bendahara pengeluaran tersebut duduk/berada. 2. apakah dibenarkan Bendahara Pengeluaran membawa uang kantor ke rumah dengan alasan untuk keamanan karena brankas yang ada sudah tidak representatif untuk digunakan atau rusak? tolong dong diberikan dasar hukumnya juga. sebelumnya diucapkan terima kasih.  

Hingga saat ini tidak aturan yang mengatur detail bentuk brankas Bendahara. Brankas hanyalah sarana untuk menyimpan uang agar dalam keadaan aman untuk jumlah tertentu. Bendahara tidak dibenarkan membawa uang kantor ke rumah. Bila dirasa tidak aman, lebih baik uang tersebut dimasukkan dalam rekening Bendahara (bukan rekening pribadi). Sehingga pengambilan uang kas hanya sebatas keperluan hari tersebut.

Ass. Saya mau nanya. Saya PNS yang baru di mutasi dari satker A ke Satker B pada bulan desember 2010 dan pada tahun 2011 LP saya tidak dapat diamprahkan pembayarannya, karena katanya nama saya tidak ada dalam dipa anggaran 2011 pada satker B. bagaimana solusi dan jalan keluarnnya

LP maksudnya uang makan ? Uang makan dapat dibayarkan pada satker baru, sesuai PMK Nomor 110/PMK.05/2010 tanggal 7 Juni 2010 tentang Pemberian dan Tata Cara Pembayaran Uang Makan bagi PNS 

ada masalah dalam pengambilan saldo awal BMN 2011 untuk SAKPA 2011 yth Help Desk Ketika proses sudah dilakukan sesuai manual aplikasi Sakpa 2011 ternyata yang masuk adalah saldo BMN dari simak tahun 2009 sehingga yang masuk saldo awal 2010 padahal seharusnya data akhir 2010 dan awal 2011 kemungkinan ada masalah dimana ya? prosedur sudah sesuai dengan petunjuk rekonsiliasi BMN. mungkin pengiriman data SImak BMNnya dari aplikasi BMNnya thank

Pengambilan saldo awal BMN 2011 yang berasal dari saldo akhir BMN 2010 dilakukan melalui menu “Proses” – “Pengambilan Saldo Awal” 2010 pada Aplikasi SAKPA 2011. Proses ini akan membawa data saldo akhir BMN tahun 2010 ke tahun 2011. Sedangkan menu “Utility” – “Terima Saldo Awal Aset dari UAKPB”  pada Aplikasi SAKPA digunakan untuk kepentingan rekosiliasi internal saldo awal antara SAK dan SIMAK-BMN.

belanja jasa konsultansi master plan dengan anggaran 450000000 boleh tidak dengan mou? tanpa dilelang umum.

Sesuai dengan Peraturan Presiden No.54 Tahun 2010 pengadaan jasa konsultansi pada prinsipnya melalui metode seleksi umum.  Untuk pengadaan jasa konsultansi metode seleksi sederhana dilaksanakan dengan pertimbangan tertentu dan nilainya paling tinggi Rp. 200.000.000,-, sedangkan untuk penunjukan langsung  dilaksanakan apabila dalam keadaan darurat sesuai kriteria dalam Pasal 44, serta untuk pengadaan langsung nilainya paling tinggi 50.000.000,-. Oleh karena itu, apabila pengadaan jasa konsultansi tersebut bukan termasuk kriteria sesuai Pasal 44 Perpres 54 Tahun 2010 maka harus dilaksanakan dengan metode seleksi umum.


tim apk saya ingin memperjelas arti dari kata "batas kota" yang tertuang dalam peraturan mengenai perjalanan dinas selama ini ada multi tafsir terkait dari arti "batas kota" 1. batas kota diartikan batas wilayah suatu kab/kota dengan kab/kota lainnya 2. batas kota diartikan sebagai batas pusat pemerintahan (pusat kota) di suatu wilayah kab/kota 3. atau APK punya arti lain tentang "batas kota"   mohon pencerahan dan terima kasih

Terminologi "batas kota" berdasarkan apa yang tertuang dalam PMK Nomor 45/PMK.05/2007. Penentuan definisi "batas kota" bukan merupakan kewenangan Dit. APK.

Assalamu 'alaikum, apakah boleh membuka rekening Giro di KCP BRI Kotaraya, mengingat jarak Kantor Cabang Palu dengan Instansi kami bekerja Cukup jauh dari palu kurang lebih 287 km dan juga mengingat keamanan.KCP BRI Kotaraya berjarak 2 km dari Instansi kami bekerja. atas infonya terima kasih

Sesuai PMK 57/PMK.03/2007 dan Perdirjen Perbendaharaan nomor PER 35/PB/2007 diatur secara jelas aturan pembukaan rekening Penerimaan/Pengeluaran dalam rangka pelaksanaan APBN. Untuk pembukaan rekening Giro di BRI KCP Kotaraya dimungkinkan untuk dapat dilaksanakan.

mohon maaf pak/ibu.... saya mau menanyakan masaah diklat SIMAK BMN,SAKPA untuk periode 2011 ini ada g ya??? makasih.... mohon bantuannya..


Untuk diklat yang diadakan internal Kementerian Perhubungan silahkan menghubungi langsung pihak Kementerian Perhubungan, sedangkan diklat yang diadakan oleh Kementerian Keuangan dalam hal ini Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP) masih sedang dipersiapkan. Update informasi terkait PPAKP 2011 bisa dilihat di www.perbendaharaan.go.id

Pada pengajuan UP/TUP BLN menggunakan 825112 atau 825111 ? (katanya skrg menggunakan 825111), lalu kaitannya dengan aplikasi adalah untuk pengawasan UP/TUP jika menggunakan 825111 maka akan masuk ke kartu pengawasan UP/TUP RM. Jika menggunakan 825112 baru masuk pengawasan UP/TUP BLN. Bagaimana dengan hal itu. Mohon disertakan dasar hukum penggunaan akun 825111 untuk UP/TUP BLN. Terima kasih.

UP/TUP BLN menggunakan Akun 825112 (pengeluaran uang persediaan dana pinjaman/hibah luar negeri) sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 91/PMK.05/2007 tentang Bagan Akun Standar)

aslm. mohon bantuan untuk jawaban tentang penggunaan MAK 524119 pada POK kami yang sudah kami terima untuk penggunaan MAK 524119 berbunyi transport peserta dalam kota pada program sedang kan untuk pembyaran menggunakan transport harus dialihkan ke- MAK 521219 atau 521119 apakah transport tersebut tetap bisa dibayar dengan menggunakan MAK 524119.mohon tanggapannya terimakasih.

Dalam PMK Nomor 45/PMK.05/2007 tentang Perjalanan Dinas Jabatan Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Tidak Tetap bahwa yang dimaksud Perjalanan dinas dalam negeri adalah perjalanan ke luar tempat kedudukan baik perseorangan maupun secara bersama yang jaraknya sekurang-kurangnya 5 (lima) kilometer dari batas kota, yang dilakukan dalam wilayah Republik Indonesia untuk kepentingan Negara atas perintah Pejabat yang Berwenang, termasuk perjalanan dari tempat kedudukan ke tempat meninggalkan Indonesia untuk bertolak ke luar negeri dan dari tempat tiba di Indonesia dari luar negeri ke tempat yang dituju di dalam negeri. Karena transpor dalam kota tidak memenuhi kriteria definsi perjalanan dinas dalam negeri maka harus dibebankan ke dalam kode akun 521119 (Belanja Barang Operasional Lainnya) atau 521219 (Belanja Barang Non Operasional Lainnya).

« Previous | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | Next » | »»»
Serambi | Cari   
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia