Tidak ada pengumuman.

Jumlah Pengunjung :
8,418,589
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


Agus Suprijanto: Assessment adalah Salah Satu Pilar Reformasi Birokrasi
Rabu, 2 Februari 2011 | Oleh: redaksi (Media Center Ditjen Perbendaharaan) | 5322 x dibaca

Liputan Assessment Calon Pejabat Eselon III
Jakarta, perbendaharaan.go.id –
Reformasi birokrasi sudah menjandi sistem di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Meski pergantian pimpinan telah terjadi baru-baru ini, tidak menyebabkan berhentinya proses gerakan reformasi birokrasi di tubuh organisasi terbesar keua di Kementerian Keuangan itu. Upaya memperbaiki kualitas para birokratnya terus dilakukan. Salah satunya adalah assessment calon pejabat eselon III yang dilakukan mulai Senin, 31 Januari 2011 kemarin.

Assessment adalah salah satu pilar reformasi birokrasi,” kata Agus Suprijanto, Dirjen Perbendaharaan saat memberikan pengarahan kepada peserta assessment di Jakarta kemarin.
Human capital dalam sebuah organisasi berperan besar dalam menciptakan dan menjaga kinerja sebuah organisasi agar tetap tinggi dan mampu berkompetisi,” lanjut beliau. “Untuk mendapatkan human capital yang berkualitas dan berkinerja tinggi, dilakukan seleksi yang sejalan dengan pengembangan sistem karir yang berbasis profesionalisme dan komptensi melalui assessment centre,” tambah mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal tersebut.

Dijelaskan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan bahwa assessment tersebut sebagai implementasi nyata pengelolaan SDM berbasis kompetensi. Menurutnya, ia merupakan bagian dari sasaran reformasi birokrasi dan transformasi organisasi di Kementerian Keuangan. Diharapkan melalui kegiatan tersebut didapatkan calon-calon pejabat eselon III yang berintegritas, kompeten dan professional serta mampu menjadi pelopor perubahan atau agent of change dalam perubahan mindset pelayanan.

Assesment eselon III tahun 2010“Kegiatan assessment ini dilakukan untuk mendapatkan calon pejabat yang mampu menjawab tantangan untuk melaksanakan fungsi treasury yang lebih modern ke depan,” ungkap pejabat yang menggantikan Herry Purnomo sebagai Dirjen Perbendaharaan ini.

Melalui assessment ini Dirjen Perbendaharaan berharap terjadi perubahan mindset dalam pelayanan peningkatan kualitas layanan (better quality service). Di samping itu, Agus Suprijanto menginginkan adanya peningkatan kualitas kinerja birokrasi di bawahnya. Selain kedua hal tersebut, melalui assessment tersebut diyakini akan memunculkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.
“Kalau kepercayaan publik sudah muncul, apresiasi masyarakat terhadap pelaksanaan tugas-tugas Ditjen perbendaharaan,” kata Agus Suprijanto mengakhiri sambutannya.

Assessment calon pejabat eselon III ini diikuti oleh 116 pejabat eselon IV. Kegiatan tersebut dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama 31 Januari sampai dengan 2 Pebruari 2011dan tanggal 7 – 8 Pebruari 2011.

Materi tes terdiri dari interview/wawancara dan tes hard competency. “Interview dilaksanakan hari Selasa tanggal 1 Pebruari 2011 oleh pimpinan Ditjen Perbendaharaan. Sedangkan ujian hard compentency dilaksanakan tanggal 2 Pebruari 2011 oleh Bagian Administrasi Kepegawaian di Hotel Millenium,” kata Tata Suntara, Plt Sekretaris Ditjen Perbendaharaan dalam laporannya kemarin.


 


Oleh : Bambang Kismanto dan Tino Adi Prabowo – Media Center Perbendaharaan

Berita Berita Terkini Lainnya

Prof. Mudrajad Sarankan Ditjen Perbendaharaan dan Ditjen Pengelolaan Utang Digabungkan
Dirjen Perbendaharaan: “KPPN Jakarta V Pantas Menjadi Percontohan”
Dirjen Perbendaharaan: Telah terjadi Revolusi di Perbendaharaan!
Study Visit ke Shared Service Centre Perth Department of Treasury and Finance Western Australia
Ahli Hukum: Kelalaian Pelaksanaan SOP Tidak Dapat Dipidanakan

Komentar Pengunjung

Kalifah
2011-02-24 07:41:19, - oleh : Suyitno-Kanwil Sby
Setiap manusia harus berjuang sesuai kemampuan masing-masing, bila kita kolaborasikan kemampuan tersebut sungguh Indah kehidupan didunia ini.


Sesuai Harapan
2011-02-22 08:38:06, - oleh : Andre Parindrianto,SKom,Nabire
Semoga hasil Assessment yang didapat sesuai dengan keinginan publik yaitu orang2 yg benar2 mempunyai integritas tinggi dan bukannya orang2 karna kedekatan dengan pimpinan atau hanya orang2 yg pernah dalam satu almamater saja.....


menjaga amanah
2011-02-16 09:47:35, - oleh : wilaksono
banyak orang pintar di lingkungan kementerian keuangan namun sangat minim orang yang mampu menjaga amanah yang dipercayakan kepada diri kita, ini pemberian bukan hanya dari manusia semata tapi lebih dari itu adalah Allah yang menugaskan kita untuk bisa menjalankan sesuai hati nurani kita bukan hanya ambisius untuk meningkatkan kedudukan kita untuk itu mari kita sama-sama jaga amanah yang telah dipercaya pada kita


"Setia dlm Tugas"
2011-02-11 09:32:28, - oleh : teddy-kwl papua
Apapun juga yg dipercayakan bagi kita (termasuk jabatan/kedudukan)... Setia, kerjakan dan bertanggungjawablah atasnya dengan segenap hati seperti utk TUHAN, dan bukan utk dilihat manusia (pimpinan) utk mendptkan pujian dari manusia. Sebab berkat/bagian/upah bagi yg setia melakukan tugasnya adalh lebih mulia yg berasal dari TUHAN bukan manusia... Success buat semua peserta assessment..


Jabatan adalah amanah
2011-02-06 16:24:50, - oleh : Tyan
Kegiatan ini semoga dapat mencapai tujuannya untuk mendapatkan calon pejabat yang sesuai dengan kompetensinya dalam melaksanakan fungsi treasury. Jabatan adalah amanah dan tanggung jawab yang diserahkan negara kepada pribadi tertentu, sehingga bagi pegawai yang terpilih untuk menepati jabatan tersebut haruslah dapat melaksanakan kewenangannya sesuai dengan hak dan kewajibannya.


Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia