Tidak ada pengumuman.

Jumlah Pengunjung :
8,428,646
Terbanyak:
68,297
(Selasa, 2 Nopember 2010)
( lengkap )


KPPN Jambi Gelar Sosialisasi dan Bimtek untuk Rekonsiliasi 2011 yang Lebih Baik
Rabu, 30 Maret 2011 | Oleh: redaksi (Media Center Ditjen Perbendaharaan) | 1346 x dibaca

Liputan  Sosialisasi  Perdirjen  Perbendaharaan PER-65/PB/2010  dan  Bimbingan Teknis   Aplikasi SAKPA 2011                  
Jambi.perbendaharaan.go.id – KPPN Jambi menginginkan kesamaan persepsi  dan  hasil terbaik dalam pelaksanakan rekonsiliasi  dan  penyampaian  laporan  keuangan  tahun 2011. Untuk itu, bertempat di aula KPPN Jambi, pada tanggal 22 dan 23 Februari 2011, KPPN Jambi  menggelar acara Sosialisasi  Perdirjen Perbendaharaan  nomor : PER-65/PB/2010 tanggal  27 Desember  2010. Perdirjen tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara /Lembaga dan Bimbingan Teknis Aplikasi  SAKPA  2011 itu dipaparkan di hadapan para petugas akuntansi/SAKPA dari 294 satker dalam wilayah pembayaran KPPN  Jambi.  Kegiatan terbagi dalam 2 hari tahap. Kegiatan ini

 “KPPN  Jambi akan terus melakukan upaya-upaya  maksimal agar tugas pokok sebagai bendahara umum negara  dapat mencapai  target yang ditetapkan,” Arief Rahman Hakim, Kepala  KPPN Jambi dalam sambutannya.

“Dua target di antaranya  adalah  kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tingkat kuasa BUN Daerah dan tingkat partisipasi rekonsiliasi yang tinggi  dari  seluruh satker dalam wilayah pembayaran KPPN Jambi,” lanjutnya.

“Di samping itu, acara sosialisasi dan bimtek juga harus memberi manfaat dan nilai tambah bagi  satker  yang dilayani sehingga ke depan akan semakin banyak kementerian negara / lembaga yang mencapai target WTP. Hadirnya Perdirjen Perbendaharaan Nomor :Per-65 / PB/ 2010 adalah perwujudan  tekad kita bersama untuk mencapai Laporan Keuangan Kementerian / Lembaga dengan predikat Wajar Tanpa Pengeculian pada semua kementerian Negara / Lembaga. Pada akhirnya hal tersebut akan memberikan kontribusi terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat”, ujar beliau lagi mengakhiri sambutan.

Setelah sambutan dari  kepala kantor dilanjutkan dengan penyampaian materi  sosialisasi Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara / Lembaga disampaikan oleh Kepala Seksi Vera , Noegroho. Beberapa substansi penting dari : PER-65/PB/2010 dipaparkan secara detail oleh narasumber, lebih khusus lagi yang menyangkut hal – hal penting terkait tugas satker sebagai penanggungjawab UAKPA untuk menyelenggarakan akuntansi keuangan di lingkungan kerjanya, yang pekerjaannya dilakukan oleh  petugas akuntansi / verifikasi  dan petugas computer yang dijabarkan dalam  perekaman, verifikasi, rekonsiliasi dan penyampaian laporan keuangan. Disamping sebagai Unit Akuntansi Pengguna Anggaran (UAKPA) satker juga menjalan fungsi sebagai Unit Akuntansi Pengguna Barang (UAKPB). Dalam menjalankan ke-2 fungsinya sebagai UAKPA dan UAKPB diharapkan petugas satker dapat bersinergi menghasilkan laporan yang handal.   Hal penting yang termuat dalam perdirjen  dimaksud adalah Struktur organisasi unit akuntansi, tata cara penyusunan laporan keuangan kementerian Negara lembaga, sistematika laporan keuangan dan format penyajian laporan keuangan serta periode penyampaian laporan keuangan. Khusus mengenai sistematika dan format penyajian laporan keuangan akan disampaikan tersendiri pada acara bimtek penyusunan laporan keuangan pada Bulan Juni 2011  menjelang disusunnya laporan keuangan semester I TA.2011.  Diharapkan dengan disampaikan lebih dini, seluruh satker dapat mengetahui jadwal penyampaikan laporan keuangan  sehingga dapat memperkecil keterlambatan penyampaian laporan keuangan.Suasana di dalam ruangan sempat diwarnai dengan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta  ketika disampaikan bahwa untuk pertama kalinya tingkat rekonsiliasi satker pada Bulan Desember 2010 mencapai 100%. Ini merupakan bentuk sinergi KPPN Jambi dan satker untuk menggapai laporan keuangan yang lebih baik.

KPPN Jambi telah berketetapan hati untuk mengambil langkah proaktif  mengatasi permasalahan rekonsiliasi  dan  penyampaian laporan keuangan dengan lebih peka mendengar setiap permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing satker. Salah satu masalah yang mengemuka yaitu yang dialami  oleh unit akuntansi pengguna anggaran dekonsentrasi / tugas pembantuan / urusan bersama adalah belum adanya SK penunjukan pejabat pengelola keuangan dan  petugas SAKPA. Atas hal tersebut satker diminta untuk mengambil inisiatif tetap melakukan  rekonsiliasi dengan media email / e-rekon yang dapat dilakukan  tanpa  biaya dan  tanpa batas ruang dan waktu sehingga  sangat memudahkan satker.

Sesi terakhir dari acara tersebut adalah   Bimtek Aplikasi SAKPA 2011 yang disampaikan  oleh salah seorang staff dari seksi vera,   Sulistyo Permono. Aplikasi SAKPA 2011 hadir mengikuti perubahan format dalam DIPA 2011 dan Aplikasi SPM.  Bimtek ini terbagi dalam tiga substansi pokok yaitu  Beberapa perubahan aplikasi SAKPA 2011 dibanding Aplikasi SAKPA 2010, Penjelasan fungsi masing-masing menu pada aplikasi SAKPA dan trouble shoting aplikasi SAKPA 2011.   Acara ini juga dibarengi praktek instalasi dan proses perekman transaksi keuangan pada  Aplikasi SAKPA 2011 oleh  satker yang telah datang  membawa lap top. Melalui  bimtek aplikasi tersebut  diharapkan  satker lebih mantap dalam menjalankan aplikasi sehingga rekonsiliasi dapat berjalan lebih lancar.

Kunjungan Olahraga  ke  Kanwil  Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi

Setelah sukses menyelenggarakan sosialisasi dan bimtek, KPPN Jambi melakukan kunjugan olah raga ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi. Kegiatan ini bertujuan menjaga kondisi kesehatan jasmani para pegawainya, selain untuk menjalin silaturahmi dengan para pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi.

Hal ini juga ditunjang oleh minat yang besar dari para pegawai KPPN Jambi untuk menggeluti berbagai cabang olahraga. Terdapat tiga cabang olahraga yang paling favorit yang sangat aktif melakukan kegiatan yaitu tenis, bulutangkis dan bolavoli.

Bertepatan dengan hari Jumat , 25 Februari 2011,  tim bolavoli  putra mengadakan kunjungan ke Kanwil Ditjen Perbandaharaan     untuk melakukan pertandingan persahabatan. Jarak antara KPPN dan Kanwil  tidak jauh, sekitar 1,5 km, namun demikian para pegawai KPPN dan Kanwil jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Lewat kunjungan olahraga ini juga diharapkan lebih mempererat tali persaudaraan  antara sesama  pegawai.

Pertandingan persahabatan  pertama mempertemukan tim bolavoli eksekutif kanwil dengan tim bolavoli eksekutif KPPN Jambi. Tim bolavoli eksekutif kanwil diperkuat oleh Kepala Kanwil DJPB Prov. Jambi, Amril Usman beserta para kepala bidang dan kepala seksi, sedang tim bolavoli eksekutif  KPPN Jambi diperkuat oleh kepala KPPN, Arief Rahman Hakim beserta para kepala seksi. Pertandingan berlangsung meriah dan diwarnai sorak sorai ibu-ibu yang memberi semangat tim kanwil. Pertandingan tim eksekutif berakhir dengan hasil imbang, sama kuat  1-1 (25-12) (25-17).

Pertandingan persahabatan kedua mempertemukan  tim professional kanwil dan KPPN yang berakhir dengan skor 2-0 (25-22) (25-23) untuk tim KPPN. Lewat momen kunjungan olahraga KPPN Jambi ini dapat lebih terus memupuk semangat kebersamaan  dengan Kanwil DJPB Provinsi Jambi. 

Oleh : Nugroho – Kontributor KPPN Jambi
Editor : Bambang Kismanto – Media Center Perbendaharaan

Berita Nusantara Lainnya

Kakanwil DJPBN Propinsi Sulsel: Layanan Ini Pertama Kalinya di Indonesia
Dua Orang Pegawai KPPN Tebing Tinggi Disumpah
Langkah Dini Menuju LKPP yang WTP
Dukung Pelayanan PT. Askes kepada PNS, KPPN Jambi Gelar Rekonsiliasi Tiga Pihak
KPPN Serang Adakan Sosialisasi Peraturan Pencairan Dana 2011
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Semua Komentar tidak langsung ditampilkan tetapi melalui penyuntingan.
Nama :
Email :
Judul Komentar :
Isi Komentar :
Kode : Security Code [ Barui kode ]
Tuliskan Kode :
Penting: Semua Harus diisi.
  © 2007 - 2014 Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  Kementerian Keuangan Republik Indonesia